Tuesday, December 05, 2006

So special..

'special in my eyes
since you’re in my life
always on my mind
so special in my eyes'



Lagi di penghujung film 'Gue Kapok Jatuh Cinta' nih. Gue baru aja nonton untuk kedua kalinya =) Temen2 yang laen, yang ntn bareng gue bilang ini film biasa aja, kalo bukan jelek.

I beg to differ and here's why.

Diliat dari judul nya emang kerasa nggak original dan pasaran banget (and it might be true to some extent) Tapi, kenapa gue ngerasa kalo skarang ini kita justru perlu film jenis begini?

Coba inget2 beberapa film indo terakhir yg kalian ntn. Udah? Coba, skarang apa yg terbayang? Gue tebak ya. Adegan tangis2 an. Adegan jerit2 an. Setan. Hantu. Tuyul. Tragedi. Adegan dugem dengan lagu2 gak jelas. Akting yg terlalu dibuat2 (belaan pembuat filem: 'menjiwai')

Dari kesan yg gue dapet abis ntn filem ini, cman adegan dugem aja yg keinget. Ada sedikit adegan tangis2 an, tapi itu cman di flashback doang. Pendek sekali.

Dilihat dari cerita, ini biasa banget. Tapi justru karena itu gue bisa relate semua kejadian ke kehidupan gue sendiri. Gue bisa bilang 'gila, ini bisa banget terjadi di kejadian gua' Dialog nya biasa banget, dialog yg biasa kita alamin sehari hari. Orang2 yg kebiasa ntn film 'kelas tinggi' dengan dialog2 ber bobot bakal kecewa berat. Orang2 yg nggak biasa dengan omongan2 jorok dan kotor jg bakal tersinggung. Tapi justru ini yg bisa ngebikin gue terkesan banget. Kenapa? Karena emang ya sehari hari kejadian seperti ini yg bakal kita temuin.

Gue akuin, ada beberapa dialog yg kerasa dipaksa banget dalam konteks penggunaan bahasa inggris. Sepertinya emang nggak terlalu banyak orang Indonesia yg fluent ngomong bahasa inggris. Bukan masalah besar jg. Hey, gak ada salah nya orang buat ngecoba kan?

Dari segi pencahayaan dan pengambilan gambar gue bener2 terkesan. Ada beberapa adegan yg gue bilang udah advanced banget kalo dalam standar film indo. Adegan pas salah satu tokoh nya ngebayangin pemakaman dia di masa depan, terus adegan bayangan salah satu pemeran cw nya jalan2 pake baju pengantin, sambil pegang batu bata (I admit this is pretty unreal.. but hey, anything can happen in Jakarta right? After all it is our beloved 'Sin City' ^_^)

Soundtrack lagu2 nya jg bagus. ~vodka pasti nggak setuju sama pendapat gue yg satu ini =p (and it's okay!) salah satu lagunya, 'so special' - Oka feat. Sabria jadi salah satu lagu favorit gue akhir2 ini. Lagu pas adegan terakhir, dimana semua pemeran nya dansa di lantai ballroom kelapa gading sports club (GADING! WOOHOO!! -kampung mode on-) jg bagus banget.

Overall, emosi kita nggak terlalu diuji di film ini. Terus terang aja gue radaan capek denger tangisan2 meraung dari beberapa film indo yg gue tonton sebelon ini. Alur film masih tergolong lambat, tapi film indo mana sih yg nggak? Sembari gue ntn, ngerasa ada beberapa adegan yg bisa di trim sedikit dan gak akan mengganggu alur filem dan msg yg mau disampein sama adegan itu. But hey, what do I know right? It's not like that I have any choreography background or anything.

Kalo diliat2 juga, nggak ada pemeran2 nya yg bener2 special. Special dalam arti cakep ato cantik banget. Dilihat2 dari daftar pemeran, jg nggak keliatan nama2 besar yg biasa kelihatan.

Aneh ya? Mungkin sebenernya emang nggak mustahin buat ngebikin film bagus tanpa nama2 besar. Si Renny bilang salah satu produser nya lulusan anak SMUK 1. Sebelon nya gue jg pernah liat karya independen dari cahyadalamglap production, masih dari anak SMUK 1. Kayanya banyak yah lulusan SMUK 1 yg berbakat bikin film? =)

Jadi kesimpulan terakhir, alesan gue suka film ini sebenernya cukup simpel. Film ini gak maksa gue terlibat di konflik emosional yg dalem, tapi dari 'kedataran' nya itu justru bisa menimbulkan sesuatu yang nggak membosankan.

Sekian.

'ku seduh kasih sehalus sutera'

0 comments: